Berita Bakesbangpol

Deklarasi Pemilu Damai Dalam Rangka Mewujudkan Pemilu yang Aman, Tertib dan Berintegritas di Wilayah Kota Malang

Senin, 30 Oktober 2023 pukul 08.20  s.d 09.10 WIB bertempat di Aula Untung Surapati Makorem 083/Bdj Jl. Bromo 17 Kec. Klojen Kota Malang telah di laksanakan Deklarasi Pemilu Damai dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman, tertib dan berintegritas di Wilayah Kota Malang dan di hadiri sekitar 70 orang termasuk, antara lain :

  1. Danrem 083/Bdj (Kolonel Inf Jamaludin SH).
  2. Dandim 0833/Kita Malang (Letkol Kav Heru Wibowo sofa S.H.,M.Han).
  3. Wakapolresta Malang Kota (AKBP Apip Ginanjar, S.I.K.,M.Si).
  4. Para Kasi Korem 083/Bdj.
  5. Kepala Bidang Kewaspadaan Kota Malang (Ir. Ade Herwanto, MT).
  6. Kasatpol PP kota Malang (Heru Mulyanto S.T).
  7. Perwakilan Kajari Kota Malang (Eko Budiyanto).
  8. Perwakilan KPU Kota Malang (Bpk Saini).
  9. Ketua FKUB Kota Malang (Drs. Taufik Kusuma).
  10. Perwakilan DPC Masing – Masing Partai wilayah Kota Malang.
  11. Tokoh Agama, Masyarakat dan adat wilayah Kota Malang.
  12. Tamu undangan.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, sebagai berikut :

  1. Acara di mulai dengan pembukaan dan di lanjutkan dengan pembacaan Do’a.
  2. Sambutan – sambutan, diantaranya :
    1. Sambutan Perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, yang pada intinya adalah :
      1. Kita bisa berkumpul dalam suatu forum yang penuh barokah yang mempunyai satu tujuan bersama yaitu deklarasi damai Pemilu 2024 di wilayah kota Malang kami dari KPU berterima kasih semua kegiatan seperti ini yang membuktikan bahwa pesta demokrasi kita adalah demokrasi yang damai rukun yang bersama-sama untuk membangun ke depan negara Republik Indonesia yang lebih berkembang dan yang utama adalah kita selalu dalam bentuk satu kesatuan NKRI.
      2. Acara seperti ini sangat diharapkan kita.  Dari KPU sudah melaksanakan saat acara deklarasi damai yaitu penyambutan bendera peserta pemilu yang dihadiri oleh masing-masing partai di situ kami dari KPU juga melaksanakan penekanan deklarasi damai dan hari ini dari koreng juga mempunyai hajat yang sama.

      3. Kami berharap kita semua mempunyai satu tekad bahwa pembangunan di Indonesia akan terlaksana dengan suasana yang kondusif Di tahun 2024 maka dari itu kebersamaan yang kita butuhkan kedamaian dan tidak mudah terpengaruh dari berita-berita Ahok dan kami dari KPU terbuka dalam hal peserta maupun masyarakat umum yang memerlukan informasi maka kami siap untuk melayani.
    2. Sambutan Ketua FKUB Kota Malang, yang pada intinya adalah :
      1. Pagi ini kita diberi kesempatan untuk menghadiri undangan dengan tujuan yang mulia untuk bertekad menjaga Kota Malang tetap kondusif dengan deklarasi Pemilu Damai 2024. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Danrem 083/Bdj, kami FKUB adalah organisasi kerukunan terbesar.
      2. Kami senang sekali dengan undangan ini dan kami sudah berkoordinasi dengan masing-masing perwakilan umat beragama untuk memberikan arahan agar  mengendalikan umatnya, agar di event pemilu yang akan dilaksanakan secara bersama kita sukseskan dan kita perkokoh persaudaraan dengan terwujudnya atau terlaksanakan pemilu yang sukses dan damai.
      3. Kita juga akan memperkuat niat dan langkah kami untuk memberikan arahan kepada umat masing-masing dan insya Allah kami juga berkomunikasi kepada  berbagai elemen termasuk bersilaturahmi dengan jajaran forkopinda kota Malang dan seluruh pengurus FKUB, kami ajak dan kami sampaikan bahwa kami umat beragama ingin agar Malang tetap terawat sebagai kota yang kondusif.
    3. Sambutan Danrem 083/Bdj, yang pada intinya adalah :
      1. Kita mengetahui semua bahwa Indonesia dibangun di atas perbedaan baik itu suku, budaya, agama, ras, dan golongan. Tapi kita bersepakat untuk membentuk suatu negara dengan berbagai perbedaan yang ada, namun para tokoh sesepuh kita dulu bertekad untuk membangun suatu negara yang merdeka di atas perbedaan itu maka diambil semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
      2. Tahapan pemilu sudah dimulai dan tidak lama lagi kegiatan ini akan kita laksanakan. Saya berpesan dengan pesta demokrasi artinya kita jangan sampai keluar dari konteks demokrasi, kegiatan pemilu harus dilaksanakan sukses dan ditempuh dengan cara damai. Maka pada kesempatan ini saya mengundang hadirin sekalian untuk menggagas dan mendeklarasikan bahwa kegiatan pemilu tahun 2024 bisa berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.
      3. Saya mengharapkan proses ini harus dijunjung tinggi dan menghormati prinsip demokrasi, menghargai kebebasan, pendapat, dan mengakui hak setiap pemilih untuk memilih sesuai dengan keinginannya. Jadi berbeda pilihan itu merupakan hal yang biasa namun jangan sampai perbedaan itu menjadi hal yang justru merusak persatuan dan persatuan kita dalam berbangsa dan bernegara.
      4. Kemudian hindari provokasi dan tindakan yang bisa memicu ketegangan antar pendukung parpol dan menghormati peraturan yang berlaku serta dengan tidak melakukan kecurangan dalam bentuk apapun. Di sini ada KPU dan Bawaslu yang dipercaya oleh negara merumuskan bagaimana Pemilu berjalan dengan aman dan adil serta damai.
      5. Kita ketahui saat ini teknologi sudah canggih, media sosial, dan berita-berita yang berpotensi membuat kegaduhan dihimbaui agar tidak melakukan perbuatan yang memberikan dampak negatif dan dapat menyebabkan apa yang kita cita-citakan menjadi rusak, karena saat ini berita-berita ini begitu cepat dan banyak berita hoax dan mengandung provokasi.
      6. Pertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dengan fokus pada kepentingan nasional dan keragaman yang ada karena Indonesia dibangun di atas perbedaan dan selama ini sudah berjalan dengan baik jangan sampai nanti ada gejolak yang dapat merusak situasi. TNI Polri bersepakat secara bersama-sama untuk mengawal pemilu serta menjaga persatuan dan kesatuan di atas segalanya semoga kegiatan ini menjadi langkah awal dalam menjadikan pemilu aman tertib dan berintegritas di wilayah jajaran Korem 083/Bdj.
    4. Pukul 08.55 WIB Penanda Tanganan Deklarasi Pemilu Damai di lanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan dan sesi foto bersama.

Iswandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *