BERITABerita Bakesbangpol

Kegiatan Karnaval dalam Rangka Memperingati HUT RI  ke-78 Tahun 2023 dengan Tema “Berbhineka Tunggal Ika Menuju Indonesia Maju”

Sabtu tanggal 26 Agustus 2023 pukul 09.40 WIB bertempat di Wilayah Kec. Klojen Kota Malang diadakan acara karnaval dalam rangka Memperingati HUT RI  ke-78 Tahun 2023 dengan tema “Berbhineka Tunggal Ika Menuju Indonesia Maju” yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Kota Malang yang diikuti sekitar 10.000 peserta. Acara karnaval tersebut mengusung pakaian adat dari beragam daerah yang ada di Indonesia.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Malang, yang pesertanya dari pegawai Bakesbangpol, unsur FPK, FKUB, FKDM, dan Orda dari Papua Selatan dan mendapat urutan nomor 9, dengan mangambil tema “Indahnya Keberagaman”.

Dari acara tersebut, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yaitu :

  1. Pukul 09.40 WIB Acara dimulai dilanjutkan dengan penyampaian oleh Walikota Malang (Drs. Sutiaji) yang pada intinya,  adalah sebagai berikut :
    1. Kami sampaikan untuk memaknai nilai-nilai kemerdekaan seperti kita ketahui bersama. Pawai yang diusung adalah kebhinekaan, bahwa Indonesia adalah satu, Indonesia adalah kuat dan kita kuatkan bersama. Kita harus merawat kebhinekaan, sebentar lagi kita akan mengadakan pentas demokrasi, pilihan yang berbeda adalah keniscayaan, tetapi menjaga kebhinekaan adalah kewajiban kita bersama.
    2. Saya ucapkan terima kasih kepada hadirin, dan kita akan berangkatkan untuk karnaval pada hari ini, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, pawai karnaval HUT RI ke-78 mengusung tema “Berbhinneka Tunggal Ika Menuju Indonesia Maju” diberangkatkan.
  2. Pukul 09.45 WIB, personil karnaval melakukan Longmarch dari Kayu Tangan Heritage melintasi Jalan Basuki Rahmat, kemudian belok kiri menuju Jalan Semeru dan berakhir di depan area Perpustakaan Kota Malang.
  3. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan karnaval, adalah sebagai berikut :
    1. Marching Band SD Model
    2. Walikota Malang dan Forkopimda plus, Sekretaris daerah serta Kepala perangkat Daerah
    3. Tari kolosal
    4. Setwan Rumah Rakyat
    5. Tugu Tirta Kota Malang
    6. PKK Kota Malang
    7. Marching Band Taruna Nala Malang.
    8. Sekretariat Daerah Kota Malang
    9. Kecamatan Blimbing Kota Malang
    10. Dispangtan Kota Malang
    11. Dishub Kota Malang
    12. Bakesbangpol Kota Malang.
    13. Satpol PP Kota Malang
    14. Disporapar Kota Malang
    15. Tugu Artha Kota Malang
    16. Disnaker PMPTSP Kota Malang
    17. Kecamatan Lowokwaru
    18. BKPSDM Kota Malang
    19. Bapenda Kota Malang
    20. BKAD Kota Malang
    21. Kecamatan Klojen Kota Malang
    22. Kecamatan Kedungkandang Kota Malang
    23. Bappeda Kota Malang
    24. Dispusida Kota Malang
  4. Pukul 10.20 WIB, rombongan Walikota Malang dan Forkopimda plus, Sekretaris Daerah serta Kepala Perangkat Daerah tiba di panggung utama. Selanjutnya menuju panggung kehormatan guna melihat pertunjukan peserta karnaval.
  5. Peserta karnaval melaksanakan perform selama 3 menit di depan panggung utama.
  6. Pukul 14.05 WIB, seluruh rangkaian kegiatan karnaval selesai. Kegiatan berjalan dengan lancar dan aman.

Djarnoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *