BERITABerita BakesbangpolKewaspadaan Daerah

Sekda Buka Pelatihan Deteksi Dini FKDM Kota Malang

Malang – Bertempat di Hotel Aria Gajayana Kota Malang, Bangkespol Kota Malang mengadakan kegiatan tahunan Pelatihan Deteksi Forum Kewaspadaan Dini Mayarakat (FKDM). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 9 dan 10 Februari 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari anggota Satgas pamwil, FKDM, Kader Bela Negara, Sekretaris Camat, TPOK dan ASN Bangkespol.

Pelatihan FKDM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta dalam deteksi dini terutama dalam melaksanakan tugas ditahun 2018 juga sebagai persiapan penerapan PERMENDAGRI No.2 tahun 2018 tentang kewaspadaan di daerah. Selain itu diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat maksimal dalam melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap permasalahan yang dapat menimbulkan keresahan.

Dalam kesempatan ini, kegiatan tersebut dibuka oleh Drs. Wasto SH,MH. Disela-sela sambutannya, Wasto selaku Sekda Kota Malang berpesan kepada para peserta untuk tetap menjaga keamanan serta kondusifitas di Kota Malang. “Malang itu miniaturnya Indonesia, berbagai macam orang berkumpul disini, budaya dan kebiasaannya tentu berbeda dengan yang lain, hal tersebut menjadi suatu komunitas interaksi yang harus diramu agar harmonis.” Selain itu, Wasto juga berharap agar FKDM ini tetap berjalan untuk meningkatan kepekaan dan kesadaran akan fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat, untuk mengatasi kerawanan yang mungkin ditimbulkan dari isu Pilkada dan interaksi masyarakat yang multikultural.

Sekertaris Daerah Kota Malang ini juga menghimbau kepada seluruh peserta untuk meningkatkan kepedulian terhadap segala bentuk isu yang berkembang di masyarakat sebagai bentuk antsipasi terjadinya konflik. “Mohon barangkali, Bapak-Ibu pasang telinga, banyak melihat, banyak mendengar dan dijadikan bahan untuk merumuskan kebijakan bagi masyarakat.” tambahnya.

Pelatihan Deteksi Dini FKDM ini akan disampaikan sejumlah materi yaitu, Pengetahuan Dasar Deteksi Dini, Pemantauan Radikalisme, SARA, Faham Komunis dan juga Deteksi Dini Pilkada 2018 Prosedur juga Langkah-langkah Pelaksanaan Pilkada. (sd/nbl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *