BERITABerita Bakesbangpol

Kegiatan Upacara Memperingati Hari Jadi Kota Malang yang Ke-110 Tahun 2024

Senin, 1 April 2024 Pukul 08.00 WIB, bertempat di depan Balaikota Malang Jl. Tugu No. 1 Kel.Kidul dalem Kec. Klojen Kota Malang telah dilaksanakan kegiatan Upacara  Peringatan Hari Ke-110 Kota Malang dengan dengan tema Berselaras Untuk Kota Malang Berkelas yang bertindak sebagai Irup PJ Walikota Malang (Dr.Ir.Wahyu Hidayat, MM) dan yang bertindak Danup Camat Klojen (Heri Sunarko M.Si) yang dihadiri sekitar 350 orang, antara lain :

  1. PJ Walikota Malang (Dr.Ir.Wahyu Hidayat, MM)
  2. Kapolresta Malang Kota (Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si)
  3. Danlanal Malang (Kolonel Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S.Sos., M.Tr.A.P)
  4. Danlanud abd Saleh Malang di wakili oleh Kadispotdirga abd Saleh Malang (Kolonel Cost Doniel
  5. Danrem 083/Bdj diwakili Kasiren Rem 083/Bdj (Letkol Inf Teguh Prastowo).
  6. Dandim 0833/ Kota Malang ( Letkol Arm Aris Gunawan)
  7. Danyonarhanud 2/ABW/2 Kostrad (Letkol Arh Lhutfi Novriadi,S.E.)
  8. Ketua DPRD Kota Malang ( I Made Rian Diana Kartika, S.E)
  9. Sekda Kota Malang (Erik Setyo Santoso,ST.MT.)
  10. Kajari kota Malang (Rudi Hartawan Manurung S.H.,M.H).
  11. Asisten dan Staf Ahli Pemkot Malang.
  12. Kepala.Kemenag Kota Malang (H. Achmad Shampton, S.HI, M.Ag ).
  13. Para Kepala OPD Pemkot Kota Malang
  14. Para Camat Jajaran Pemkot Kota Malang
  15. Tamu undangan.

Susunan Pasukan terdiri dari :

  1. 1 SST dari TNI AD
  2. 1 SST dari TNI AL
  3. 1 SST dari TNI AU
  4. 1 SST Polresta Malang Kota
  5. 1 SST dari Korpri Kota Malang
  6. 1 SST dari Lurah Se-Kota Malang
  7. 1 SST dari Perumda Kota Malang
  8. 1 SST dari Dinas Perhubungan Kota Malang
  9. 1 SST dari Satpol PP Kota Malang
  10. 1 SST dari SMA/SMK Kota Malang
  11. 1 SST dari Pramuka Kota Malang

Berikut ini adalah rangkaian kegiatan dari acara tersebut :

  1. Pukul 08.05 WIB persiapan pasukan
  2. Pukul 08.20 WIB upacara dimulai dilanjutkan Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  3. Pukul 08.22 WIB penghormatan pasukan dan Laporan Komandan Pasukan dilanjutkan dan lambang Pemerintah Kota Malang memasuki lapangan
  4. Pukul 08.25 WIB mengheningkan cipta dilanjutkan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara
  5. Pukul 08.30 WIB Pembacaan Teks Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  6. Pukul 08.35 WIB Amanat Inspektur Upacara :
    1. Satu abad lebih dasawarsa, telah dilalui Kota Malang dengan berbagai suka dan duka, pasang surut, serta berbagai pen-capaian dan prestasi. Sehingga sudah sepatutnya apabila kita panjatkan puji syukur kehadirat allah SWT, tuhan yang maha esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, Kota Malang terus maju dan berkembang hingga saat ini.
    2. Mengiringi rasa syukur itu pula, pada peringatan HUT Kota Malang yang ke-110 ini bukanlah sekedar menjadi sebuah perayaan, tetapi juga merupakan momentum refleksi dan evaluasi. Ini adalah saat untuk kita semua melihat kembali perjalanan yang telah kita lalui, menghargai pencapaian yang telah diraih, dan juga untuk merenungkan tantangan-tantangan yang masih dihadapi di masa mendatang.
    3. Selama saya diamanahi oleh mendagri untuk mendampingi dan penyelenggaraan pemerintahan Kota Malang selaku Pj. Walikota  saya telah diberi mandat untuk mengawal penanganan isu strategis seperti inflasi, penanganan kemiskinan, penurunan stunting, kemudahan berusaha serta satu pesan dari gubernur jatim yakni pengembangan ekonomi kreatif.
    4. Kelima agenda tersebut telah kami fokuskan menjadi 10 indikator prioritas yakni :
      1. Pengendalian inflasi Pemerintah Kota Malang senantiasa melakukan upaya untuk mengendalikan angka inflasi; dengan menguatkan peran-an tpid, melaksanakan operasi pasar, gerakan pasar dan pangan murah, maupun menyelenggarakan warung tekan inflasi.

      2. Stunting penguatan kolaboratif antar berbagai perangkat terkait dengan mengintegrasikan data stunting, memberikan edukasi dan publikasi masif, serta pemberian makanan tambahan bagi balita; menjadi upaya untuk menurunkan angka stunting di Kota Malang.

      3. BUMD Pengembangan Kerja dan kinerja BUMD senantiasa ditingkatkan. Seperti halnya perumda tugu tirta yang telah melakukan digitalisasi layanan ter-integrasi perumda tugu artha dengan peningkatan Penanganan kredit kurang lancar serta perumda tugu aneka usaha melalui proses restrukturisasi pengembangan peternakan.

      4. Layanan Publik Pemerintah Kota Malang berupaya menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien salah satunya melalui keberadaan mall pelayanan publik sebagai one stop service bagi masyarakat.

      5. Pengangguran Upaya pemerintah dalam memberikan pelatihan, pembinaan maupun penyuluhan bagi para pencari kerja serta bekerjasama dengan blk-blk provinsi jatim & kemenaker, memberikan dampak penurunan tingkat pengangguran kota Malang.

      6. Kemiskinan ekstrem Upaya pemerintah Kota Malang dalam menangani angka kemiskinan melalui Berbagai program diantara rantang kasih, memberikan BPNTD bagi fakir miskin, lansia maupun disabilitas dan beberapa program lainnya.

      7. Kesehatan Masyarakat kota malang dapat mengakses pelayanan kesehatan serta  kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

      8. Kegiatan unggulan Program “kemis mbois”, dimana setiap kamis asn dan non ASN dilingkungan pemerintah Kota Malang diwajibkan Menggunakan pakaian keren hasil produksi UMKM Kota malang. serta upaya pemerintah kota malang dalam membangun komunikasi dengan masyarakat termanifestasi pada program “ngombe” ngobrol mbois ilakes untuk menampung aspirasi sekaligus memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di Masyarakat.

      9. Perizinan untuk menarik para investor guna menanamkan modalnya di kota malang; strategi yang telah dilakukan adalah dengan mempermudah perizinan melalui optimalisasi dan pengembangan aplikasi Si-Izol.

      10. Serapan anggaran dalam rangka percepatan penyerapan anggaran; Pemerintah Kota Malang senantiasa melakukan langkah-langkah dengan tetap memperhatikan tertib administrasi dan kepatuhan pada aturan sistem keuangan daerah.

    5. Tentu semua yang telah dilakukan tersebut tak lepas dari dukungan dan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat kota malang; sehingga hal ini juga mampu  menghantarkan pemerintah kota malang memperoleh berbagai penghargaan antara lain : penghargaan jarik ma’siti sebagai top 45 inovasi pelayanan publik tahun 2023; penghargaan  adipura tahun 2023; penghargaan  swasti saba wiwerda, penghargaan  tingkat nasional terbaik i sebagai kota sanitasi total berbasis masyarakat; dan masih banyak lagi.

    6. Selaras dengan hal tersebut, dapat kita lihat setiap langkah upaya maupun pencapaian yang berhasil diwujudkan pemerintah Kota Malang tentu diperkuat dengan adanya spirit sinergitas maupun kolaborasi dari semua pihak baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha dengan satu tujuan untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota yang maju, modern, dan berdaya saing tinggi serta menjadi pemersatu dan penyemangat dalam membangun Kota malang. Inilah yang dapat dikatakan sebagai bentuk implementasi dari tema hut ke-110 kota malang “berselaras untuk Kota Malang berkelas.

    7. Dan dalam rangka memeriahkan hut ke-110 sekaligus sebagai bentuk memaknai tema pada perayaan ini pemerintah Kota Malang menggelar berbagai kegiatan antara lain :
      1. Lomba logo HUT Kota Malang ke-110 Tahun 2024 diselenggarakan oleh diskominfo Kota Malang.

      2. Lomba Budidamber dan Urban Farming oleh Dispangtan, Open Turnamen Bola Voli oleh Tugu Tirta piala Pj. Walikota Malang antar klub se-Jatim.

      3. Lomba foto piala Pj. Walikota Malang dengan tema “Mewujudkan Citra Kota Malang yang Berkelas” penyelenggara Tugu Media.

      4. Lomba fotografi untuk pelajar dengan tema “Permasalahan Kota” oleh Bappeda Kota Malang

      5. Pelayanan K-MKJP oleh dinas sosial P3AP2KB Ziarah ke pesarean ki ageng gribig dan napak tilas sejarah Kota Malang yang digelar pada hari ini.

    8. Selain itu, juga diadakan rangkaian layanan bagi masyarakat seperti program sambung gratis pdam, bebas retribusi bagi pedagang pasar, pelayanan administrasi kependudukan sehari jadi serta program penghapusan sanksi administrasi wajib pajak daerah dan wajib pajak pbb perkotaan.
    9. Dan yang akan datang, masih dalam rangkaian hut ke-110 Kota Malang pemerintah Kota Malang akan melaunching buku satu abad stadion gajayana pada tanggal 20 april di MCC serta akan menggelar pertandingan sepak bola legenda Malang vs Surabaya di stadion Gajayana 19 Mei mendatang.
    10. Saya berharap semangat kolaborasi, kerjasama, koordinasi, komunikasi serta sinergitas seperti saat ini, harus terus terjalin erat sebab ini menjadi kekuatan utama dalam mewujudkan kemajuan pembangunan kota malang tercinta. Mengingat kedepannya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dicarikan solusi sekaligus dituntaskan bersama.
    11. Mari kita jadikan peringatan HUT Kota Malang yang ke-110 ini sebagai titik tolak baru untuk melangkah lebih jauh lagi menuju masa depan yang gemilang.
  7. Pukul 08.45 WIB Pembacaan Doa dilanjukan Andhika Bhayangkari.
  8. Pukul 08.55 WIB Laporan Komandan upacara dilanjutkan penghormatan pasukan.
  9. Pukul 09.00 WIB rangkaian kegiatan Upacara HUT ke 110 Kota Malang selesai, dilanjutkan Penampilan pentas seni selama kegiatan berjalan dengan lancar dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *