BERITABerita Bakesbangpol

Apel Kesiapan Pengamanan Menjelang Pergantian Tahun Baru 2024 pada Operasi Lilin Semeru 2023 di Wilayah Kota Malang

Minggu, 31 Desember 2023 pukul 17.00 WIB bertempat di Balaikota Malang, Jl. Tugu Kec. Klojen kota Malang telah dilaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Menjelang pergantian Tahun Baru 2024 pada Operasi Lilin Semeru 2023 di wilayah Kota Malang yang bertindak sebagai Pimpinan Apel Pj. Walikota Malang Kota (Dr. Ir. Wahyu Hidayat., M.M). dan yang bertindak sebagai Komandan apel AKP Yoyok (Kapolsek Sukun) diikuti sekitar 300 orang, diantaranya adalah :

  1. Walikota Malang (Dr.Ir.Wahyu Hidayat.,M.M).
  2. Dandim 0833/Kota Malang (Letkol Arm Aris Gunawan).
  3. Wakapolresta Malang kota (AKBP APIP Ginanjar S.I.K., M.S.I).
  4. Danyonif 512/QY (Mayor Inf Galih Sakti prambudio)
  5. Danyon Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim (AKBP Indra P)
  6. Wadandenpom V/3 (Mayor Cpm Cecep).
  7. Ketua DPRD Kota Malang (I Made Rian Diana Kartika.,S.E., M.M.).
  8. Sekretaris Daerah Pemkot Malang (Erik Setyo Santoso,ST,.M.T.).
  9. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat/Asisten 1(Ida Ayu Wahyuni., SH, M.Si).
  10. OPD Pemkot Malang.
  11. Camat jajaran Pemkot Malang.
  12. PJU Polresta Malang Kota.
  13. Danramil jajaran Kodim 0833/kota Malang
  14. Tamu undangan dan Peserta Apel.

Adapun susunan pasukan sebagai berikut :

  1. 1 SSR dari Denpom V/3 Malang.
  2. 1 SSR dari Kodim 0833/Kota Malang.
  3. 1 SST gabungan dari Polresta Malang Kota.
  4. 1 SST dari Satpol PP Kota Malang.
  5. 1 SSR dari Dishub Kota Malang.
  6. 1 SSR dari GM FKPPI Kota Malang.
  7. 1 SSR dari Kampling Udara Kota Malang.
  8. 1 SSR dari Senkom Kota Malang
  9. 1 SSR dari Saka Bhayangkara Kota Malang.
  10. 1 SSR dari Bakesbangpol Kota Malang.
  11. 1 SSR dari BPBD Kota Malang.
  12. 1 SSR dari PMI Kota Malang.
  13. 1 SSR dari RGI Arema Kota Malang.

Dalama kegiatan tersebut, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yaitu sebagai berikut :

  1. Pukul 17.00 WIB Apel Kesiapan Pengamanan Menjelang Pergantian Tahun Baru 2024 pada Operasi Lilin Semeru 2023 di Wilayah Kota Malang di mulai .
  2. Penghormatan Kepada Pimpinan apel dilanjutkan laporan Komandan Apel.
  3. Amanat Pimpinan Apel oleh Pj. Walikota Malang Kota (Dr. Ir. Wahyu Hidayat,MM ) yang pada intinya, adalah sebagai berikut :
    1. Saya menilai kegiatan ini penting untuk dilakukan sebagai upaya agar lebih memantapkan jalinan koordinasi, komunikasi, dan sinergitas antara TNI/ Polri, aparatur Pemerintah, sekaligus organisasi kemasyarakatan.
    2. Meskipun beberapa hari yang lalu penyelenggara pengamanan pada perayaan natal telah berjalan dengan baik. Tentunya saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang bekerja keras menjaga kondusifitas kota Malang. Namun akan lebih baik lagi apabila kita kembali menguatkan semangat untuk mengawal jalannya perayaan tahun baru di kota Malang.
    3. Karena tidak bisa dipungkiri momentum tahun baru ini sangat ditunggu masyarakat dan bersamaan pula dengan liburan sekolah sehingga akan meningkatkan aktivitas di pusat keramaian yang dimungkinkan berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas maupun gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kejelancaran lalu lintas.
    4. Oleh karena itu kita wajib mengantisipasinya dan memberikan perhatian lebih terhadap gangguan yang ada seperti penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti kejahatan tawuran antar kelompok, masyarakat, atau Pemuda, balap liar, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas.
    5. Seiring dengan hal tersebut maka saya harapkan seluruh pasukan pengamanan mengantisipasi dengan lebih produktif dan aplikatif serta bertindak dengan cara yang tepat efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang mungkin terjadi. Untuk itu Izinkan saya menitipkan pesan kepada seluruh pasukan pengamanan diantaranya :
      • Seluruh petugas keamanan dapat menjalankan tugasnya dengan profesional dan penuh tanggung jawab. Pastikan seluruh titik keramaian terjaga keamanannya.
      • Tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengawanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum malam bergantian tahun baru.
      • Laksanakan patroli secara rutin dan menyeluruh untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
      • Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proposional serta bertindaklah secara tegas namun Humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.
      • Mantapkan kerjasama Sinergi dan soliditas dengan berbagai pihak yang terlibat untuk menciptakan keamanan yang maksimal.
    6. Dengan demikian saya percaya pasukan pengamanan akan mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi masyarakat kota Malang yang merayakan malam pergantian tahun baru dan tak lupa saya juga menghimbau kepada masyarakat agar turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban malam tahun Baru. Mari kita bersama menciptakan malam pergantian tahun baru secara aman tertib dan penuh Sukacita.
  4. Pembacaan Doa dilanjutkan laporan Komandan Apel dan Penghormatan Kepada Pimpinan apel.
  5. Sesi Photo Bersama
  6. Pukul 17.15 WIB Apel Kesiapan Pengamanan Menjelang Pergantian Tahun Baru 2024 pada Operasi Lilin Semeru 2023 di Wilayah Kota Malang selesai.

Catatan :

Bahwa Apel Kesiapan pengamanan menjelang Pergantian Tahun Baru 2024 pada Operasi Lilin Semeru 2023 di Wilayah Kota Malang dilaksanakan dalam rangka pengecekan personil dan sarana prasarana pendukung menjelang Pergantian Tahun Baru 2024 pada Operasi Lilin Semeru 2023 di Wilayah Kota Malang agar berjalan aman dan kondusif .

Djarnoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *