BERITABerita Bakesbangpol

Malam Kenegaraan Paskibraka Kota Malang Tahun 2023

Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 18.30 WIB  bertempat di Gedung Gelombang Samodra Lanal Malang Jalan Yos Sudarso No. 02 Kel. Kasin Kec. Klojen telah berlangsung kegiatan “Malam Kenegaraan Paskibraka Kota Malang Tahun 2023” yang dihadiri sekitar 300 orang, termasuk diantaranya sebagai berikut :

  1. Walikota Malang (Drs.H. Sutiaji) beserta Ibu Walikota.
  2. Danlanal Malang (Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd., M. Tr. Hanla., M.M.,CHRMP).
  3. Kapolresta Malang Kota (Kombes Pol Budi Hermanto, S.I.K., M.Si).
  4. Ketua DPRD Kota Malang (I Made Rian Diana Kartika, SE, MM).
  5. Dan lanud AU (Marsma TNI Fairliyanton)
  6. Dandim 0833/Kota Malang (Letkol Kav. Heru Wibowo Sofa, S.H, M.Han).
  7. Wakil Walikota Malang (Ir. Sofyan Edy Jarwoko) beserta Ibu Wawalikota.
  8. Kajari Kota Malang (Edy Winarko, H., M.H).
  9. Sekda Kota Malang (Erik Setyo Santoso, S.T., M.T)
  10. Staf Ahli dan Asisten Pemkot Malang.
  11. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Baihaqi, Pd,. S.E., M.Si)
  12. Kepala Bakesbangbangpol Kota Malang (Dra. Rinawati, MM)
  13. Kabag Humas Pemkot Malang (H. Haries, STP, MS.I).
  14. Jajaran Kepala OPD Kota Malang.
  15. Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Malang (Muhamad Baktiyar  Nugroho).
  16. Kepala Sekolah SMU/SMK Kota Malang.
  17. Orang tua wali pasukan Paskibraka
  18. Para tamu undangan.

Dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

  1. Pukul 19.00 WIB acara di mulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan lanjutkan dengan pembacaan do’
  2. Penyamampaian dari Kepala Bakesbangpol Kota Malang, yang pada intinya adalah sebagai berikut :
    1. Malam ini merupakan malam tasyakuran atas kemerdekaan Republik Indonesia yang saat ini kita memperingati yang HUT ke-78 serta sebagai ungkapan syukur atas terlaksananya tugas pertama Paskibraka Kota Malang tahun 2023, yaitu melaksanakan upacara pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka HUT RI yang ke-78 dan kita laksanakan dengan lancar dan hikmat.
    2. Berdasarkan peraturan tentang pelaksanaan Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2021 program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka merupakan pelajar putra dan putri terbaik kader bangsa untuk melaksanakan tugas mengibarkan dan menurunkan duplikat Bendera Pusaka pada upacara peringatan HUT RI dan upacara peringatan hari lahir Pancasila.
    3. Sehingga akan disebut PURNA PASKIBRAKA setelah penurunan duplikat pusaka pada peringatan HUT RI dan upacara hari lahir Pancasila. Sebelum mendapatkan tugas pada hari ini para Paskibraka telah melaksanakan pemusatan dan pelatihan selama 2 bulan yang di dalamnya menjalani karantina selama 18 hari. Oleh karena itu saya sampaikan terima kasih kepada adik-adik yang telah mengorbankan tenaga dan waktu termasuk waktu untuk belajar demi menyukseskan pelaksanaan upacara peringatan HUT yang ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.
    4. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah berkenan memberikan kesempatan dan merelakan anak-anak untuk menjalankan latihan yang panjang dan hari ini kita semua merasa bangga terhadap anak-anak yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.
  3. Sambutan dari Danlanal Malang, yang pada intinya adalah sebagai berikut :
    1. Suatu kehormatan sebagai Danlanal Malang telah diberi kepercayaan untuk untuk menjalankan acara pada malam ini untuk Paskibraka Kota Malang. Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami dan tempat ini dapat digunakan untuk kegiatan warga kota Malang maupun P Selamat datang kepada para Paskibraka dan saya ucapkan terima kasih.
    2. Penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan anggota paskibraka secara simbolis oleh Walikota Malang.
  4. Sambutan Walikota Malang, yang pada intinya adalah sebagai berikut :
    1. Puji syukur kita dapat hadir pada malam ini karena atas rahmat dari Tuhan YME kita dapat melihat anak-anak kita, dan itu merupakan karunia dari Tuhan YME, Salah satu diantaranya adalah adik-adik dan anak-anakku sekalian sudah diajak berpikir selama 2 bulan semoga ini menjadi penapakan ke depan untuk mengingat jati diri anak-anak sekalian.
    2. Apa yang kita lakukan semoga menjadi keberkahan di suatu hari kelak. Ucapan terima kasih kepada orang tua karena tanpa izin panjenengan anak-anak bisa hadir di sini, maka ketika pengukuhan anak-anak sekalian membaca apa yang seharusnya dilakukan sebagai manusia.
    3. Kita tetap disuruh mengingat adanya kita di sini karena melalui perantara kedua orang tua. Saat ini kita bisa menikmati situasi yang merdeka karena perjuangan para pahlawan yang merelakan jiwa, raga dan nyawa. Inilah yang harus kita tuangkan dalam membangun bangsa kita semua.
  5. Pemotongan tumpeng oleh Walikota Malang beserta Ibu Walikota diberikan kepada perwakilan Paskibraka.
  6. Pukul 20.30 WIB semua rangkaian kegiatan “Malam Kenegaraan Paskibraka Kota Malang tahun 2023” selesai.

 

Catatan :

  1. Bahwa kegiatan yang dilakuan sebagai bentuk ucapan syukur karena sudah berakirnya tugas bagi pastibraka setelah melakukan tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT RI ke-78.
  2. Bahwa jumlah anggota Paskibraka Kota Malang yang lolos seleksi akhir sebanyak 77 orang, terdiri dari 33 perempuan, 44 putra, dan 2 orang lolos seleksi menjadi Paskibraka Propinsi.
  3. Selama kegiatan berlangsung berjalan aman dan kondusif.

Demikian dilaporkan

Djarnoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *