BERITABerita Nasional

Halal Bihalal Kebangsaan PCNU Kota Malang

Selasa, 02 Mei 2023 pukul 19.30 s.d 22.30 WIB bertempat di Aula Skodam V Brawijaya Jl. Tugu No.2, Kel. Klojen, Kec. Klojen Kota Malang telah berlangsung kegiatan Halal Bihalal Kebangsaan yang dilaksanakan oleh PCNU Kota Malang dan dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya (Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.), Asisten II Sekdaprov Jatim ( Dr. Akhmad Jazuli, SH.M.Si), Walikota Malang (Drs.H.Sutiaji), Ketua DPRD Kota Malang (I Made Rian Diana Kartika, SE, MM), Wakil Ketua Umum PBNU (KH. Zulfa Mustofa), Rois Suryah PC. NU Kota Malang (Drs. KH. Khamzawi M.Hi), Ketua Tanfidyah PCNU Kota Malang (Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag), Ketua FKPPI Kota Malang (Agus Surjanto), Danyonarhanud 2/ABW/2 Kostrad (Letkol Arh Setu Wibowo, S. Hub. Int), Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang (Dr. Abdul Haris),  Dewan Syuro PCNU kota Malang (H.  Mohcamat Anton), Pengurus FKUB Kota Malang (Romo RD. Josephus Cuperano Eko Atmono), Muslimat NU Kota Malang, Banser NU Kota Malang, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat Kota Malang, dan sekitar 300 orang.

Susunan dari acara tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Registrasi peserta
  2. Penampilan seni tim Lesbumi NU Kota Malang
  3. Pembukaan dan Tawassul
  4. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  5. Menyanyikan lagu Indonesia Raya & Yalal Wathan
  6. Sambutan-sambutan.
  7. Peluncuran Program PCNU Award Mutiara Kebangsaan oleh Pangdam V/Brawijaya
  8. Pengarahan dan Mauidzoh KH. Zulfa Mustofa ( Wakil Ketua Umum PBNU)
  9. Penutupan dan Doa

Sambutan yang disampaikan oleh Pangdam V Brawijaya ialah sebagai berikut :

  1. Bersyukur kita semua bisa hadir disini dalam keadaan sehat walafiat .
  2. Menceritakan terkait ajaran Radikalisme di Poso Sulawesi selatan hampir semua pondok pesantren di Poso tidak mengajarkan agama Islam justru mengajarkan doktrin terorisme dan memusuhi kelompok yang lain .
  3. Di Jatim sangat rawan terjadinya perselisihan antar perguruan pencak silat, pengendaran narkoba dan permasalahan antar suporter sepak bola.
  4. Kegiatan halal bihalal ini sebagai penguatan silaturahmi khususnya warga NU dan kemasalahatan umat semoga NU bisa melakukan pencegahan paham Radikalisme dan pencegahan pengedaran narkoba.
  5. Menjelang pemilu marilah saling memilih tanpa merendahkan kelompok lain karena beda pilihan dan jangan terpengaruh dengan berita hoax yang mengakibatkan perpecahan yang mengacam keutuhan NKRI.

Sambutan yang disampaikan oleh Asisten II Sekdaprov Jatim ialah NU di Kota Malang, alhamdulillah bisa kompak dan bisa melakukan acara halal bihalal dan silaturahmi di tempat ini, semoga NU kedepanya semakin sukses.

Sambutan yang disampaikan oleh Ketua PCNU kota Malang ialah sebagai berikut :

  1.  PCNU Kota Malang saat ini juga megelola aset aset untuk kemasalahatan umat .
  2. Bahwa PCNU mendapatkan apresiasi sebagai satgas Covid dan juga melakukan pendampingan korban tragedi Kanjuruhan untuk kesehatan dan sikologis serta bantuan hukum.
  3. PCNU memfungsikan masjid sebagai tempat untuk pemberdayaan masyarakat.
  4. PCNU Kota Malang juga ada sekolah bagi kader NU kota Malang jurusan Administrasi publik.
  5. Alhamdulilah malam ini selain mengadakan halalbihal juga peluncuran PCNU award tahun 2023.

Sambutan yang disampaikan oleh Walikota Malang ialah sebagai berikut :

  1. Mengucapkan permohonan maaf lahir batin mewakili forkompimda kota Malang, Insya Allah untuk Muhammadiyah juga akan melakukan halal bihalal di MCC dalam waktu dekat.
  2. Pemerintah Kota Malang akan membantu memfasilitasi bagi pengurusan (sertifikat) bagi aset-aset kepemilikan NU dan Muhammadiyah serta tempat ibadah lain-nya dan berusaha pembebasan untuk PPHnya.

Penyampaian tausiyah oleh KH. Zulfa Mustofa (Wakil Ketua Umum PBNU) ialah

  1. Menceritakan jika Muhammadiyah dan NU itu kakak kandung karena keduanya merupakan murid dari seorang ulama besar asal Nusantara yaitu Syaikh Nawawi Al Bantani.
  2. Hal ini semakin memperkuat tali persaudaraan antar kedua Ormas Islam .
    Muhammadiyah lebih dulu lahir, populasi jamaah NU lebih banyak dari Muhammadiyah.
  3. Jangan sampai karena berbeda dalam pelaksanaan sholat idul Fitri maupun doa qunut ketika sholat subuh mengakibatkan perpecahan, semoga dengan perbedaan Muhammadiyah dan NU mampu menjaga kerukunan, yaitu kesadaran dalam menjaga keutuhan Bangsa Indonesia.
  4. Marilah kita memiliki kesadaran atas nilai yang sama dan bersedia mengadopsi nilai yang diperlukan agar kita dapat hidup berdampingan dengan damai, nilai toleransi dan kebangsaan adalah bentuk adopsi yang kita lakukan .
  5. Penganut agama lain sangat bangga dengan NU dan Muhammadiyah karena perjuanganya dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia di masa lalu.
  6. Keluarga sakinah mawadah warohmah bisa tercapai jika bisa saling menyadari dan bisa memahami filosofi sebagai manusia yang diciptakan ada kelebihan dan segala kekurangannya.
  7. Selama NU – Muhammadiyah, semua penganut agama, para Alim, Ulama, Umaroh bisa berkumpul dan hidup rukun berdampingan maka Keberadaan NKRI akan utuh.

Pembacaan Doa penutup oleh Drs. KH. Khamzawi M.Hi

Kegiatan halal bihalal Kebangsaan dilakukan oleh PCNU Kota Malang untuk menjalin tali silaturahmi dan saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadan dan juga ada penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh Pangdam V/Brawijaya (Mayjen TNI Farid Makruf, M.A).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *