Berita Bakesbangpol

Halal Bihalal dan Silaturahmi Pj. Walikota Malang Bersama FKUB, FPK, dan FKDM Kota Malang

Selasa, 23 April 2024 pukul 08.00 WIB s.d 12.30 WIB di Gedung RCE Center Heritage KPPN Malang Jl. Merdeka Selatan No.01 Kel. Kauman Kec. Klojen Kota Malang, telah dilaksanakan Halal Bihalal dan Silaturahmi Pj. Walikota Malang bersama FKUB, FPK, dan FKDM Kota Malang yang dihadiri oleh sekitar 150 orang, diantaranya adalah :

  1. Pj. Walikota Malang (Dr.Ir.Wahyu Hidayat.,M.M)
  2. Kepala Bakesbangpol Kota Malang (Dra. Rinawati, MM).
  3. Ka Sat Pol PP Kota Malang (Heru Mulyono, S.IP., MT).
  4. Kepala KPPN Kota Malang (Muhammad Rusna, ST.,M.Si).
  5. Anggota DPRD Kota Malang (Ahmad Fuad Rahman., S.E).
  6. Sekban Bakesbangpol Kota Malang (Niken Prabandari Aprillia B., S.Sos.,MM).
  7. Kabid Wasnas dan Penflik Bakesbangapol (Ir. Ade Herawanto.,M.T)
  8. Kabid Poldagri Bakesbangpol,(Yuni Lestari, ST., M.Si)
  9. Ketua FKUB beserta anggota
  10. Ketua FPK beserta anggota
  11. Ketua FKDM beserta anggota
  12. ASN dan TPOK Bakesbangpol Kota Malang.

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Pukul 09.00 WIB, Peserta halal bihalal mulai berdatangan di Gedung RCE Center Heritage KPPN Malang Jl. Merdeka Selatan No. 01 Kec. Klojen Kota Malang.
  2. Pukul 10.15 WIB acara dimulai, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  3. Sambutan dari Kepala Bakesbangapol Kota Malang yang pada intinya, adalah sebagai berikut :
    1. Bahwa kegiatan halal bihalal dan silaturahmi yang dilaksanakan hari ini guna untuk menjalin tali silaturahmi dan menguatkan sinergitas bakesbangapol dengan mitra bakesbangapol FKUB, FPK, dan FKDM dan juga tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kota Malang.
    2. Keberhasilan pemerintah kota malang dalam menjaga situasi dan kondisi tentunya perlu melibatkan partisipasi masyarakat melalui forum yang ada di Bakesbangpol seperti FKUB, FKDM, dan FPK.
  4. Sambutan Bapak Pj. Walikota Malang yang pada intinya, adalah sebagai berikut :
    1. Puji Syukur kehadirat Ilahi Robbi, Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, atas limpahan taufik, rahmat dan hidayah-Nya. Pada kesempatan yang baik ini, kita dapat hadir bersilaturahmi, dan kiranya kebersamaan kita disini, disatukan dalam tekad serta komitmen yang sama, yakni dalam upaya mengantarkan terciptanya masyarakat yang agamis, penuh toleransi serta kota malang yang semakin kondusif, aman, tentram dan damai. Senyampang masih dalam balutan nuansa hari raya idul fitri, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Malang saya ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Semoga momentum ini menjadikan kita sebagai insan yang lebih baik lagi dan semoga keberkahan dan kemurahan hati allah swt senantiasa menyertai kita semua.
    2. Rumah kita Kota Malang adalah bersama tempat di mana kita hidup bersinggungan sebagai satu keluarga besar yang beraneka ragam. Dengan berbagai keyakinan dan budaya. Namun, keberagaman ini bukanlah penghalang, melainkan kekayaan yang harus kita pelihara bersama. Dalam keberagaman itulah kita menemukan kekuatan untuk bersatu, untuk saling melengkapi, dan untuk saling mendukung. Komitmen oleh karena itu, penting bagi kita dalam menguatkan untuk saling mendukung, memahami, dan menghargai satu sama lain. Kita memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga keberagaman ini. Sebagai aset berharga yang memperkaya kehidupan kita. Sehingga sudah sepatutnya bagi kita untuk terus menjalin kerjasama yang erat meski berbeda agama, suku, maupun kelompok masyarakat.
    3. Disinilah peran organisasi kemasyarakatan seperti FKUB, FPK maupun FKDM sangat dibutuhkan. Karena saya menilai ketiga forum ini merupakan pilar penting dalam menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa yang dapat membawa pada terwujudnya Kota Malang yang harmonis, damai dan sejahtera. FKUB, sebagai wadah pemersatu umat beragama, telah berkontribusi dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di Kota Malang. FKUB aktif menyelenggarakan berbagai dialog, telah meningkatkan toleransi kegiatan sosialisasi, dan edukasi untuk dan saling menghormati antarumat beragama FPK, sebagai wadah pembauran berbagai etnis, suku, dan budaya, telah berperan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di Kota Malang. FPK telah aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan kebangsaan dan kemasyarakatan untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat rasa cinta tanah air di kalangan masyarakat. FKDM, sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, telah berperan aktif dalam membantu aparat keamanan dalam mencegah dan menangkal berbagai gangguan keamanan di Kota Malang. FKDM telah aktif melakukan kamtibmas, kegiatan patroli, dan membangun sosialisasi sistem kewaspadaan dini masyarakat. Dari kesemua peran serta yang telah dihadirkan oleh ketiga forum ini saya menyampaikan terima kasih yang sebesar- besarnya atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini dan berharap apa yang telah terlaksana dapat terus ditingkatkan.
    4. Tak lupa saya juga menitipkan pesan kepada FKUB, FPK dan FKDM Kota Malang untuk menguatkan koordinasi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang dan pihak-pihak terkait lainnya dalam rangka dalam menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa di Kota Malang memperkuat komitmen dalam menjaga kerukunan umat beragama, persatuan bangsa, dan keamanan di Kota Malang, mendorong peningkatan toleransi bergama dan saling menghormati suku, bangsa, dan budaya dalam masyarakat Kota Malang, terus bersinergi dan bahu membahu dalam membangun spirit kesetaraan dan kebersamaan antar warga agar dapat membaur dan bersatu menjadi warga yang harmonis.
  5. Sesi photo bersama
  6. Tausiyah agama oleh Drs. KH. Ahmad Taufik Kusuma.
  7. Doa penutup oleh Gus Hisa Al Ayyubi, berikutnya semua peserta melakukan ramah tamah.
  8. Pukul 12.30 WIB semua rangkaian kegiatan halal bihalal dan silaturahmi Bakesbangpol selesai.


Catatan:

  1. Acara halal bi halal dan silaturahmi Pj. Walikota malang bersama FKUB, FPK, dan FKDM Kota Malang dilaksanakan oleh Bakesbangapol Kota Malang dalam rangka mejalin keakraban, kebersamaan dan sinergitas antar asn tpok dan seluruh mitra bakesbangapol kota malang di Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024.
  2. Bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kolaboratif partisipatif masyarakat lewat organisasi FKDM, FKUB dan FPK dengan Pemerintah Kota Malang fasilitasi Bakesbangpol Kota Malang dalam rangka mewujudkan Kota Malang yang kondusif.

Djarnoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *