Home / Berita / Bakesbangpol Gelar Fasilitasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Bakesbangpol Gelar Fasilitasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Malang – Bertempat di Hotel Savana Malang pada hari Selasa (19/2), Jajaran Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) memberikan edukasi kepada para siswa SMA, SMK dan sejumlah perwakilan mahasiswa dari beberapa Universitas Se-kota Malang untuk belajar dan menambah pengetahuan seputar pemilihan umum.

Plt Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Supriyadi mengungkapkan, kegiatan tersebut membidik para generasi muda yang masuk dalam pemilih pemula. “Khususnya tokoh-tokoh pelajar yang baru pertama kali memiliki hak pilih pada Pemilu 2019 ini,” terang dia di sela-sela acara.

Para pelajar yang hadir kali ini, mewakili sekolahnya untuk diberi bekal pendidikan politik. “Diharapkan, mereka menjadi pioner di sekolahnya supaya tahu hak dan kewajibannya. Sehingga, mampu menyerahkan hak pilih secara benar,” kata dia.

Sehingga, para pelajar memiliki kesadaran untuk menggunakan hak pilih dan akan sangat berpengaruh dalam kegiatan berbangsa dan bernegara. “Diharapkan, mereka bisa menyampaikan ke teman-temannya yang lain di sekolah. Sehingga, tidak gampang ikut-ikutan untuk golput,” tegas dia.

Sehingga, lanjutnya, tingkat partisipasi masyarakat di Kota Malang mengalami peningkatan. Selain itu, pemahaman pemuda dalam pemilu serentak 2019 turut mengalami peningkatan. “Di sisi lain kegiatan ini diharapkan mampu membangun pemilih pemuda lebih kritis dan anti politik uang serta politik hoax,” tandas dia.

Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji selaku keynote speaker dalam forum ini memberikan apresiasi positif bagi forum fasilitasi pendidikan politik bagi pemilih pemula, bahwa sesungguhnya harapan bangsa itu terletak pada orang-orang muda milenial dan yang beridealisme dikarenakan pada masa kedepannya, anak muda inilah yang akan menggantikan dan berperan sebagai “Pioneer”. Sehingga dalam kesempatan yang ada, Pemerintah berupaya untuk memberikan edukasi politik, guna mengurangi angka golput dalam masa pemilu mendatang.

“Kegiatan ini terselenggara dengan tujuan agar mendorong pemilih pemula untuk berperan aktif mensukseskan pemilu sehingga dapat menurunkan angka golput; karena menurut KPU, angka golput kita tinggi itu salah satunya berasal dari pemilih pemula” ujar Sutiaji.

Lebih lanjut, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji mengatakan rasa terima kasihnya kepada para peserta yang hadir karena telah ikut serta dalam kegiatan fasilitasi pendidikan politik bagi pemilih pemula.

 

118 total views, 0 views today

About bakesbangpol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG