Home » Berita » Personel Satgas FKDM Bakesbangpol Kota Malang Mengikuti Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Di Halaman Balaikota Malang

Personel Satgas FKDM Bakesbangpol Kota Malang Mengikuti Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Di Halaman Balaikota Malang

Personel Satgas FKDM Bakesbangpol Kota Malang mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan yang ke-73 tahun 2018 di halaman Balaikota Malang, Sabtu (10/11).

Upacara Bendera Dalam Rangka Hari Pahlawan dengan tema”Semangat Pahlawan Di Dadaku” bertindak selaku Inspektur Upacara Walikota Malang Drs.H. Sutiajidan yang bertindak menjadi Komandan Upacara adalah Paspotmar Lanal Malang Mayor Laut (P) Tukijo).

Kegiatan upacara ini diikuti oleh Pejabat Forkominda Kota Malang, Anggota DPRD Kota Malang, TNI, POLRI, ASN, Satgas FKDM Bakesbangpol Kota Malang, TRC BPBD Kota Malang, Tagana Dinas Sosial, Wastib Dinas Pasar, Satgas Polisi Taman, Kader Bela Negara, Menwa dan Para Pelajar di Kota Malang.

Rangkaian kegiatan upacara peringatan hari pahlawan yaitu penaikkan bendera merah putih, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta disertai sirene selama 60 detik, pembacaan teks pancasila, pembacaan pembukaan UUD 1945 dan pembacaan pesan-pesan pahlawan.

H. Sutiaji selaku inspektur upacara juga membacakan amanat dari Menteri Sosial RI Bapak Agus Gumiwang Karyasasmita bahwasannya setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilandi bidangnya.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri 4.0.

Plt. Kepala Bakesbangpol Kota Malang Drs. Supriyadi, M.Pd saat dikonfirmasi membenarkan adanya personel Satgas FKDM Bakesbangpol mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Balaikota Malang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita, ungkap Plt. Kepala Bakesbangpol.

55 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

About bakesbangpol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG