BERITABerita Bakesbangpol

Walikota Malang Terima Secara Resmi Piala Adipura Kencana di Gedung Manggala Wanabakti

Jakarta – Puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 telah dilaksanakan pada hari Rabu (2/8) di Plaza Ir. Soedjono Soerjo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Acara tersebut dilengkapi oleh beberapa rangkaian kegiatan lainnya seperti Landmark hutan Indonesia, ditanam Presiden; Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi; Pekan Nasional Perubahan Iklim serta Rapat Kerja Nasional yang bertema “untuk Hutan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan”.

Presiden RI, Joko Widodo dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution hadir secara resmi pada kegiatan dimaksud.

Kota Malang yang masuk sebagai kategori Kota Besar telah berhasil meraih piala Adipura Kencana bersama 5 kota lainnya yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jombang.

Walikota Malang, H. Moch Anton berkesempatan hadir untuk menerima piala Adipura Kencana tersebut secara langsung dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Selain meraih penghargaan Adipura Kencana, Kota Malang juga meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut Walikota yang biasa disapa Abah Anton tersebut masyarakat kota Malang sangat bangga dengan penghargaan tertinggi bidang lingkungan tersebut.

“Penghargaan tersebut merupakan wujud nyata kerja keras dan kebersamaan semua komponen dan elemen masyarakat yang ada di Kota Malang, ” ujarnya.

Kota Malang berhasil meraih penghargaan tersebut, lanjut Abah Anton karena inovasi di bidang lingkungan hidup seperti Bank Sampah Malang (BSM), Road Sweeper, Tong Sampah Tematik, Kader 3R, pembangunan pengolahan sampah terpadu, gerakan menabung air hingga revitalisasi taman dan hutan kota.

“Kedepan, saya berharap dengan inovasi tersebut mampu mengurangi persentase sampah yang ada di Kota Malang, khususnya yang dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) Supiturang. Bahkan, yang ada di TPA pun juga diolah menjadi gas metan sebagai pengganti bahan bakar kebutuhan rumah tangga masyarakat sekitar lingkungan TPA,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden RI, Joko Widodo berpesan kepada Kementerian LHK dan semua Kepala Daerah agar terus berinovasi dan berkreasi menciptakan berbagai terobosan di bidang lingkungan hidup. “Kelestarian lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita bersama untuk kepentingan anak cucu kita di masa yang akan datang, untuk itu seluruh kepala daerah wajib menggerakkan masyarakat dan elemen yang ada untuk memperhatikan hal tersebut” tegas Jokowi.

Sementara itu, untuk penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri di Kota Malang diterima oleh SMP Negeri 15, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7. (TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *