Kaum Buruh Peringati May Day di Balaikota Malang

Sekitar 300 an buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Malang. Para buruh ini melakukan demonstrasi dalam rangka hari buruh sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Ratusan buruh yang melakukan unjuk rasa ini terdiri dari seluruh elemen masyarakat di antaranya Malang Corruption Watch (MCW), Forum Mahasiswa Peduli Keadilan Universitas Brawijaya (Formah PK), Aliansi Jurnalistik Independen (AJI), serta Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia, Jum’at, (1 Mei 2015).

Tidak hanya melakukan unjuk rasa, para buruh ini juga mendirikan panggung untuk menyampaikan orasi, pada pukul 14.00 WIB Ketua Komite Pusat SPBI  Lutfi Chafid dalam orasinya mengatakan, “Kami disini, memperjuangkan hak kami. Buruh tidak akan berhenti menyuarakan perjuangan, karena ini negara demokrasi”. Aksi yang dilakukan sendiri oleh SPBI ini dinamai rapat akbar hari buruh sedunia.

Lutfi dalam orasinya menyerukan menolak sistem kerja kontrak dan menghapus outsourcing, menuntut untuk menghentikan politik upah murah, pembatalan RPP Pengupahan UMK 2 tahun sekali, hingga wujudkan upah layak bagi buruh.

Bukan hanya dari perwakilan SPBI yang berpidato, Kusnadi selaku Kepala Disnakertrans juga naik panggung untuk menanggapi aksi yang dilakukan oleh para demonstran ini, ia berjanji akan menyelesaikan permasalahan buruh yang terjadi di Kota Malang. Di depan ratusan demonstran, Kusnadi mengatakan, “Permintaan buruh akan kami perjuangkan. Saya mewakili Pemkot Malang, berharap semoga ke depan buruh tambah sukses”. (sisca)

About bakesbangpol

Check Also

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Menghadiri Acara “Dialog Kapolresta Malang Kota Bersama Mahasiswa Tahun 2022”

Rabu (16/2/2022) , Bertempat di Ruang Eksekutif Polresta Malang Kota, Kepala Bakesbangpol Kota Malang menghadiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAYANAN ADMINISTRASI ORMAS

PENGADUAN ONLINE

PENGADUAN ONLINE