AirAsia Ajak Keluarga Korban Tabur Bunga di Teluk Kumai

Awal Maret 2015 ini pencarian korban AirAsia QZ8501 sudah resmi dihentikan. Untuk memberikan penghormatan, AirAsia, Basarnas beserta keluarga korban melakukan tabur bunga dan doa bersama di Teluk Kumai, Laut Jawa, Perairan Kalimantan Tengah, Minggu (22/3/2015)

Sebanyak 98 anggota keluarga mengikuti acara ini, dan turut hadir Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo, Wakil Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto, sejumlah unsur TNI dan Polri, serta unsur-unsur pendukung kegiatan pencarian dan evakuasi penumpang QZ8501.

Rombongan keluarga tiba di Bandar Udara Iskandar, Pangkalan Bun pada pukul 07.00 WIB menggunakan pesawat khusus yang disewa oleh AirAsia.

Keluarga kemudian menuju Pelabuhan Kumai untuk bersama-sama berangkat menuju Selat Karimata menggunakan Kapal Satya Kencana III yang juga secara khusus dipersiapkan oleh AirAsia untuk memfasilitasi acara tabur bunga dan doa bersama tersebut.

Sebelum tabur bunga dilaksanakan, diadakan upacara secara militer terlebih dahulu dan dipimpin oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo. Usai upacara, dilakukan doa lintas agama dari agama Hindu, Kristen Katolik, Kristen Protestan dan Islam. Kemudian, diadakan tradisi Tapung Tawar untuk menolak bala yang merupakan tradisi dari Kesultanan Istana Kuning, Kotawaringin Barat.

Dalam acara tersebut, Kepala Basarnas mengemukakan bahwa timnya telah berusaha sebaik dan semaksimal mungkin dalam mencari seluruh penumpang QZ8501.

Prosesi tabur bunga dan doa bersama berakhir pada pukul 16.00 WIB saat kapal kembali merapat ke Pelabuhan Kumai. Keluarga kemudian bertolak menuju Bandara Iskandar, Pangkalan Bun untuk kembali ke Surabaya.

Sampai dengan hari ini, sebanyak 97 dari 162 penumpang telah teridentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification Kepolisian Republik Indonesia (DVI Polri).

Selain itu, AirAsia juga telah mengaktifkan dua nomor yang berfungsi sebagai pusat informasi QZ 8501 guna memfasilitasi anggota keluarga QZ 8501 yang ingin memperoleh informasi serta perkembangan hasil identifikasi dari DVI Polri.

About bakesbangpol

Check Also

Jenazah Korban AirAsia Bob Hartanto Tiba di Malang

Salah satu jenazah korban penumpang Air Asia QZ 8501 atas nama Bob Hartanto Widjaya, 25 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAYANAN ADMINISTRASI ORMAS

PENGADUAN ONLINE

PENGADUAN ONLINE