FKUB Kabupaten Tuban Kunjungi Pemkot Malang

Klojen, MC – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban berkunjung ke Balai Kota Malang dan disambut langsung oleh Wakil Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji yang sekaligus selaku Ketua Penasihat FKUB Kota Malang.

Wakil-Wali-Kota-Malang-Drs.-Sutiaji
Wakil-Wali-Kota-Malang-Drs.-Sutiaji

Selain itu, dalam kesempatan ini juga hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol),Drs. J.  Hartono. Rombongan diterima di Ruang Tumapel Balai Kota Malang, Jl. Tugu No. 1 Kota Malang, Senin (03/11).

Dalam sambutannya, Drs. Sutiaji mengatakan bahwa Kota Malang merupakan kota yang memiliki masyarakat yang beragam mulai dari Sabang sampai Merauke, sehingga ada beberapa macam suku, ras, dan agama. Namun dikarenakan kepemimpinan formal dan non formal yang dilakukan Pemerintah Kota Malang serta tokoh agama yang ada, maka konflik antar umat beragama di Kota Malang jarang ditemukan.

“Malang memiliki 850 ribu jiwa penduduk dengan lima kecamatan serta 88,93 % penduduk memeluk agama Islam, 9,4 % agama Kristen dan Katolik, dan 1,67 % memeluk agama Hindu, Budha, Konghucu, dan lain-lain. Kota Malang memiliki 1.641 tempat ibadah yang diantaranya yaitu 1.530 tempat ibadah agama Islam, 78 Gereja Kristen, 16 Gereja Katolik, sembilan Vihara, lima Pura, dan tiga buah Klenteng,” beber Sutiaji.

Dengan adanya kunjungan ini, kata dia, diharapkan dapat menumbuhkan jalinan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Tuban dengan Pemerintah Kota Malang khususnya dalam hal pembinaan umat beragama. “Apabila tercipta kerukunan antar pemeluk agama, maka program pembangunan pun akan berjalan dengan baik,” jelas politisi PKB itu.

Sementara itu, J. Hartono menyampaikan jika faktor keamanan dan kenyamanan umat beragama dalam menjalankan ibadahnya juga mempunyai peranan besar. “Maka dari itu, mari kita ciptakan keamanan dan ketentraman agar para pemeluk agama merasa nyaman dan aman dalam menjalankan ibadahnya,” urainya. (say/yon)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id

About bakesbangpol

Check Also

Leave a Reply

Your email address will not be published.

LAYANAN ADMINISTRASI ORMAS

PENGADUAN ONLINE

PENGADUAN ONLINE