Home / Kewaspadaan Daerah / Bakesbangpol Kota Malang Awasi Pergerakan ISIS

Bakesbangpol Kota Malang Awasi Pergerakan ISIS

Kota Malang merupakan salah satu dari tujuh kota yang merupakan sasaran terbesar penyebaran ideologi Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS) yang ada di Indonesia.

Seperti adanya isu pembaiatan anggota oleh jama’ah Anshorul Khilafah yang berafiliasi kepada ISIS setidaknya menunjukkan, ideologi sudah merasuk dan menjalar di Malang.

Oleh karena itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, mengumpulkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Polri, TNI, dan tokoh masyarakat di Hotel Trio Indah 2 Kota Malang, Rabu (13/8/2014).

Pertemuan tersebut untuk membendung masuknya aliran radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kota Malang.

Kota Malang rawan dimasuki paham radikal karena banyak lingkungan kampus dan pelajar.

Kepala Bakesbangpol Kota Malang, J Hartono mengatakan, Gubernur Jatim telah mengeluarkan Pergub Nomor 51 Tahun 2014 terkait pelarangan berkembangnya paham ISIS di Jatim.

Maka dari itu, Bakesbangpol menggandeng aparat dan semua lapisan masyarakat untuk membendung masuknya paham ISIS di Kota Malang.

“Kami minta masyarakat agar segera melapor jika melihat aktivitas ISIS di Kota Malang,” kata Hartono.

Dikatakannya, Kota Malang rawan dimasuki paham radikal. Persoalannya banyak kampus di Kota Malang. “Rencananya, kami juga melakukan sosialisasi ke mahasiswa dan pelajar yang ada di Kota Malang,” ujarnya.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Chamzawi mengakui banyak kelompok radikal yang masuk ke Kota Malang.

Masuknya kelompok radikal tersebut lewat mahasiswa. Untuk itu perlu ada tindakan untuk mengantisipasi masuknya kelompok radikal di mahasiswa dan pelajar.

 

About bakesbangpol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG