Tim Reaksi Cepat (TRC) Ikut Bersihkan Sungai Tongan

Klojen – Untuk mengantisipasi terjadi banjir pada musim penghujan, Jajaran Pemkot Malang bersama TNI, Polri, dan warga melakukan bersih-bersih Sungai Tongan, di Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (27/6/2014) kemarin pagi.
Dalam kegiatan ini Walikota Malang HM Anton yang memimpin langsung karya bhakti ini dimulai pukul 07.00 sampai selesai , sungai sepanjang 400 meter yang melintas di Jl. Ade Irma Suryani sampai Jl. Yulius Usman ini berhasil dibersihkan.

Anton menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang telah diprogramkan dalam rangka mewujudkan green city of malang.

“Saat kami melakukan blusukan ke kampung Tongan, kami mendapatkan keluhan adanya banjir setiap kali musim hujan. Dan setelah kami lakukan pengkajian ternyata salah satu penyebab adalah sungainya sudah dangkal karena banyak sekali kotorannya,” paparnya.

Kawasan ini menjadi prioritas karya bhakti karena selama ini masyarakat setempat mengeluhkan bencana banjir setiap kali musim penghujan. Luapan air sungai setempat membanjiri pemukiman padat sekitarnya. Hal ini disebabnya banyak sampah dan tumbuhan yang berada di sungai yang mengakibatkan pendangkalan di sungai tersebut.

Dalam bersih-bersih di Sungai Tongan itu terlihat banyak sekali sampah yang membuat sungai tua di Kota Malang ini menjadi kumuh. Dari kenyataan ini Wali Kota Malang berharap ke depan masyarakat lebih sadar lagi agar tidak membuang sampah ke sungai yang bisa membuat sungai menjadi dangkal dan menyebabkan banjir.

Bendahara RW 6 Kelurahan Kasin, H Slamet, mengatakan, ketika hujan deras pemukiman di sekitar sungai sering kebanjiran. Air sungai meluber ke pemukiman penduduk.

“Yang paling parah pada bulan empat lalu, tinggi air yang menggenangi pemukiman warga sampai satu meter,” katanya.

Satgas Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bersama TNI, Polri, TRC dan warga membersihkan sampah yang ada di sungai dengan dilakukan pengerukan, diharapkan sungai yang kondisinya mulai menyempit ini kembali normal seperti semula, dengan lebar sekitar 5 meter dan kedalaman sekitar 2 meter. (sisc@)

 

About bakesbangpol

Check Also

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Menghadiri Acara “Dialog Kapolresta Malang Kota Bersama Mahasiswa Tahun 2022”

Rabu (16/2/2022) , Bertempat di Ruang Eksekutif Polresta Malang Kota, Kepala Bakesbangpol Kota Malang menghadiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAYANAN ADMINISTRASI ORMAS

PENGADUAN ONLINE

PENGADUAN ONLINE