BERITABerita Bakesbangpol

Wali Kota Malang Kukuhkan Tim Saber Pungli

MALANG – Wali Kota Malang, H. Moch Anton, Senin (9/1) di Ruang Sidang Balai Kota, mengukuhkan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Tim Saber Pungli. Sebanyak 45 anggota dari berbagai elemen termasuk unsur pemerintahan, Polisi, TNI hingga akademisi masuk dalam tim yang bertujuan untuk memberantas praktik tindak pidana pungutan liar.

Pengukuhan ini juga dihadiri, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono, Kapolres Malang Kota, AKBP Decky Hendarsono, Sekertaris Daerah Kota Malang, Dr. Idrus, dan beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Pengukuhan Tim Saber Pungli ini merupakan tindak lanjut dari Presiden Joko Widodo yang sudah menabuh perang terhadap praktik pungutan liar yang meresahkan masyarakat. Tugas tim tersebut  yakni menggali informasi serta melaporkannya kepada pemerintah dan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.

Dalam sambutannya, Abah Anton, menegaskan jika tata kelola pemerintah yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan Kota Malang, sehingga Tim Saber Pungli merupakan mandat dan amanah dari masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan profesional sehingga cita-cita pembangunan dan optimalisasi pelayanan publik bisa direalisasi dengan baik.

Dijelaskan Abah Anton, budaya pungli yang selama ini masih terjadi harus segera dihapus, karena kepemimpinan yang bersih akan memberi dampak positif bagi tumbuh kembang ekonomi yang sehat. “Budaya pungli yang bisa menjadi faktor gratifikasi ini harus segera dihapuskan dari Kota Malang dengan terbentuknya Tim Saber Pungli ini,” beber Abah.

Wali Kota Malang, juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan kepada pemerintah jika menemui praktik pungli, sehingga dari laporan tersebut, pemerintah bisa langsung menindaklanjuti bersama Tim Saber Pungli. (Sa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *