BERITA

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016

IMG_8714

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016, pada Juma’t 28 Oktober 2016 telah diadakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 dengan tema Pemuda Indonesia Menatap Dunia yang dipimpin oleh Wakil Walikota Malang Drs. H. Sutiaji. Upacara yang dilaksanakan di halaman depan Balaikota Malang ini bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda Indonesia yang telah dideklarasikan pada Sumpah Pemuda tahun 1928 yaitu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan saat ini Indonesia tengah menghadapi berbagai macam halangan, hambatan dan perjuangan yang sulit. Musuh pemuda-pemudi Indonesia saat ini tidak lagi berada didepan seperti dulu, tetapi berada di sekitar bangsa ini.

Dahulu musuh datang dengan tujuan dan misi yang jelas, namun di era informasi saat ini, dengan berbagai kemajuan teknologi digitalnya, musuh-musuh datang disekitar dengan membawa slogan radikalisme, liberalisme, dan juga sosialisme.

88 tahun yang lalu dalam sebuah misi perjuangan, para pemuda-pemudi Indonesia telah mengikrarkan sumpahnya demi mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dan kini sudah saatnya pemuda-pemudi menunjukkan bahwa NKRI menjadi sebuah keyakinan untuk dipertahankan, dan Bhineka Tunggal Ika menjadi sebuah keniscayaan bersama.

Dan dengan keteguhan mempertahankan bangsa Indonesia untuk menjadi merdeka, hal itu merupakan momentum dalam mempersatukan bangsa Indonesia dengan menjadikan UUD sebagai sebuah komitmen konstitusi, Pancasila sebagai sumber hukum dari segala konstitusi, dan hal itu harus dipadukan serta ditegakkan.

Indonesia saat ini berada dipergulatan perekonomian yang sulit, karenanya diharapkan pemuda-pemudi Indonesia dapat berbuat lebih terhadap bangsa Indonesia, dan dapat memberikan dampak yang positif untuk kemajuan bangsa serta untuk menjunjung tinggi merah putih.

“Memaknai Hari Sumpah Pemuda, seperti yang saya katakan tadi, musuh kita dulu saat ingin merdeka itu jelas, ada Belanda, Inggris, Jepang, kalau musuh kita sekarang adalah akulturasi budaya, asimilasi budaya yang kalau kita cermati terkadang membawa disintegritas bangsa ini sudah mulai tercabik- cabik” ujar Sutiaji.
Dijelaskan pula oleh Sutiaji bahwa pemuda pelopor merupakan pemuda yang memiliki inisiatif yang diimplementasikan dan selalu berinovasi. Sehingga mereka menciptakan kreasi- kreasi bukan hanya untuk diri mereka sendiri tetapi untuk masa depan bangsa.

IMG_8809
Kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 ini dilanjutkan dengan penyerahan pengharagaan pada pemenang pemuda pelopor sebagai berikut :
1. Ahmad Ibnu Atho`illah, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik I Bidang Sosbudpar dan Bela Negara
2. Firdia Tsani, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik II Bidang Sosbudpar dan Bela Negara
3. Imas Titi Rahmawati, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik III Bidang Sosbudpar dan Bela Negara
4. Rhezaldian Eka Dharmawan, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik I Bidang Pengelolaan SDA dan Lingkungan
5. Santika Priyantinik, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik II Bidang Pengelolaan SDA dan Lingkungan
6. Febrina Humairo Salsabila, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik III Bidang Pengelolaan SDA dan Lingkungan
7. Luthfiana Rahmandari, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik I Bidang Pangan
8. Katarina Atalia D.F.R Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbbaik II Bidang Pangan
9. Firman Gora Sasmita, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 terbaik III Bidang Pangan
10. Nur Sayid Rahmat Tio Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik I Bidang kominfo dan TTG
11. Moch. Rexy Qolbi Anura, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik II Bidang Kominfo dan TTG
12. Akbarrizqi D. S, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik III Bidang Kominfo dan TTG
13. Muhammad Rizky Arifandi, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik I Bidang Pendidikan
14. Retno Hastuti Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik II Bidang Pendidikan
15. Okky Extrada, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Terbaik III Bidang Pendidikan
16. Hari Pitono, Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Pemustaka Teraktif
17. Rotinda Gita Aini, S.Pd Pemuda Pelopor Tingkat Kota Malang Tahun 2016 Pemustaka Teraktif (Lr/Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *